Selasa, 02 April 2013

Penyakit anemia pada anak

penyakit anemia pada anak yaitu kekurangan sel darah merah? yang diperlihatkan oleh rendahnya tingkat hemoglobin yang sehat. tingkat hemoglobin normal pada anak lebih rendah dari tingkat hemoglobin pada orang dewasa. bayi baru lahir mempunyai hemoglobin normal 170-200 g/l. sesudah lahir, konsentrasi hemoglobin alami penurunan mencolok hingga pada umur 2-3 bln. kandungan hemoglobinnya berkisar 110-120 g/l. kisaran ini bertahan terus sampai umur sekolah, yang meningkat jadi 130 g/l.


penyakit anemia pada anak bisa menghalangi perkembangan serta perubahan anak yang beresiko serius didalam periode panjang. asian development bank ( adb ) menyebutkan bahwa lebih kurang 22 juta anak di indonesia terkena anemia, yang mengakibatkan hilangnya angka iq 5 hingga 15 poin, prestasi sekolah yang jelek serta kerugian potensi hari esok sampai 2, 5%. dikarenakan itu, kita seluruh mesti mewaspadainya.

penyebab :

anemia pada anak dikarenakan oleh faktor-faktor yang sama juga dengan anemia pada orang dewasa. tetapi, penyebab anemia pada anak-anak juga mempunyai kekhasan tersendiri, diantaranya :

* kekurangan zat besi. kekurangan zat besi yaitu penyebab utama anemia pada anak. sesungguhnya, apabila anak mendapatkan makanan bergizi yang cukup, amat kecil kemungkinannya mereka alami kekurangan zat besi. tetapi, banyak anak-anak dari kelompok umur tidak dapat yang kurang mendapatkan makanan bergizi hingga alami anemia serta tanda-tanda kurang gizi yang lain. anak-anak dari kelompok umur dapat juga bisa terkena anemia apabila mempunyai masalah pola makan atau berpola makan tidak seimbang.
* parasit. anak-anak bisa alami anemia dikarenakan mengidap cacingan. pola makan anak barangkali normal, tetapi penyerapan nutrisinya terganggu dikarenakan diserobot cacing didalam perutnya.
* menstruasi. anemia bisa berlangsung pada remaja putri yang alami perdarahan menstruasi berat serta berkelanjutan.
* infeksi. penyakit infeksi spesifik bisa mengganggu pencernaan serta mengganggu produksi sel darah merah.
* penyakit ginjal. anemia bisa jadi sinyal awal masalah ginjal pada anak.

type anemia spesial yang dimaksud anemia hemolitik dikarenakan oleh penghancuran beberapa sel darah merah dengan prematur serta sumsum tulang tidak dapat mencukupi keinginan tubuh untuk beberapa sel baru. bentuk umum dari anemia hemolitik yang berbentuk genetik yaitu anemia sel sabit, talasemia, serta defisiensi dehidrogenase glukosa-6-fosfat. type yang lain yang dimaksud anemia aplastik dikarenakan oleh kelainan darah dimana sumsum tulang tidak bikin beberapa sel darah baru didalam jumlah cukup.

Tanda-tanda penyakit :

anemia mudah serta tengah kerapkali tidak menyebabkan tanda-tanda serta baru diketahui dari kontrol darah. anemia yang berjalan lama barangkali cuma berikan tanda-tanda tidak kentara layaknya lemah serta pucat. apabila anemia terbentuk dengan bertahap, anak bisa mempunyai kandungan hemoglobin yang amat rendah namun tidak tunjukkan tanda-tanda yang jelas dikarenakan tubuhnya sudah beradaptasi. anemia yang berkembang cepat menyebabkan pengaruh yang lebih kuat serta lebih mudah dilihat.

anak dengan anemia berat barangkali mempunyai sinyal serta tanda-tanda tambahan layaknya sesak napas, detak jantung cepat, serta bengkak di tangan serta kaki.

anak-anak yang kekurangan zat besi dikarenakan kurang gizi bisa mengonsumsi benda yang aneh layaknya rumput, tanah, bunga serta daun-daunan. tingkah laku ini dimaksud “pica” serta tidak beresiko jika bila anak anda makan suatu hal yang beracun. umumnya “pica” berhenti sesudah anemia diterapi serta anak tumbuh semakin besar.

penanganan

langkah menyembuhkan anemia. apabila anak tampak pucat, lemah, mudah capek serta tanda-tanda anemia yang lain, anda mesti segera memeriksakannya ke dokter. anemia yang dikarenakan oleh kekurangan zat besi amat mudah perawatannya. dengan pemberian suplemen zat besi maka hemoglobin dapat meningkat didalam sebagian minggu. penanganan anemia dikarenakan karena lain mesti dihilangkan dulu pemicunya supaya dampak pemulihannya permanen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Laman

Most Reading