Kamis, 04 April 2013

Etiologi penyakit jantung

Gangguan irama Etiologi penyakit jantung ? atau di sebut aritmia merupakan komplikasi yang sering terjadi pada infark miokardium. Aritmia atau disritmia adalah perubahan pada frekuensi dan irama jantung yang disebabkan oleh konduksi elektrolit abnormal atau otomatis (Doenges, 1999).
Aritmia timbul akibat perubahan elektrofisiologi sel-sel miokardium. Perubahan elektrofisiologi ini bermanifestasi sebagai perubahan bentuk potensial aksi yaitu rekaman grafik aktivitas listrik sel (Price, 1994). Gangguan irama jantung tidak hanya terbatas pada iregularitas denyut jantung tapi juga termasuk gangguan kecepatan denyut dan konduksi (Hanafi, 1996).
Etiologi

 jantung adalah komplikasi yang paling sering dari segala jenis penyakit jantung kongestif maupun didapat. Mekanisme fisiologis yang menyebabkan gagal jantung mencakup keadaan-keadaan yang meningkatkan beban awal, beban akhir atau menurunkan kontraktilitas miokardium. Keadaan-keadaan yang meningkatkan beban awal meliputi : regurgitasi aorta dan cacat septum ventrikel. Dan beban akhir meningkat pada keadaan dimana terjadi stenosis aorta dan hipertensi sistemik. Kontraktilitas miokardium dapat menurun pada imfark miokardium dan kardiomiopati.
Faktor-fktor yang dapat memicu perkembangan gagal jantung melalui penekanana sirkulasi yang mendadak dapat berupa : aritmia, infeksi sistemik dan infeksi paru-paru dan emboli paru-paru. Pennganan yang efektif terhadap gagal jantung membutuhkan pengenalan dan penanganan tidak saja terhadap mekanisme fisiologis dan penykit yang mendasarinya, tetapi juga terhadap faktor-faktor yang memicu terjadinya gagal jantung

Faktor penyebab :

   1. Suplai oksigen ke miocard berkurang yang disebabkan oleh 3 faktor :
1. Faktor pembuluh darah :
    * Aterosklerosis.
    *  Spasme
    *  Arteritis

 2. Faktor sirkulasi :
    *  Hipotensi
    *  Stenosos aurta
    *  insufisiensi

 3. Faktor darah :
    *   Anemia
    *   Hipoksemia
    *   polisitemia

   2. Curah jantung yang meningkat :

    *  Aktifitas berlebihan
    *  Emosi
    *  Makan terlalu banyak
    *  Hypertiroidisme

   3. Kebutuhan oksigen miocard meningkat pada :
    *   Kerusakan miocard
    *   Hypertropimiocard
    *   Hypertensi diastolic

Faktor predisposisi :

   1. Faktor resiko biologis yang tidak dapat diubah :
    *  Usia lebih dari 40 tahun
    * Jenis kelamin : insiden pada pria tinggi, sedangkan pada wanita meningkat setelah menopause
    * Hereditas
    *  Ras : lebih tinggi insiden pada kulit hitam.

2. Faktor resiko yang dapat diubah :
  1. Mayor :
    * hiperlipidemia
    * hipertensi
    * Merokok
    * Diabetes
    * Obesitas
    * Diet tinggi lemak jenuh, kalori
  2. Minor:

1. Inaktifitas fisik
2. Pola kepribadian tipe A (emosional, agresif, ambisius, kompetitif).             3. Stress psikologis berlebihan.

3. TANDA DAN GEJALA
Tanda dan gejala infark miocard (TRIAS) adalah

1. Nyeri dada yang terjadi secara mendadak dan terus-menerus tidak mereda, biasanya diatas region sternal bawah dan abdomen bagian atas, ini merupakan gejala utama.
2. Keparahan nyeri dapat meningkat secaara menetap sampai nyeri tidak tertahankan lagi.
 3. Nyeri tersebut sangat sakit, seperti tertusuk-tusuk yang dapat menjalar ke bahu dan terus ke bawah menuju lengan (biasanya lengan kiri).
 4. Nyeri mulai secara spontan (tidak terjadi setelah kegiatan atau gangguan emosional), menetap selama beberapa jam atau hari, dan tidak hilang dengan bantuan istirahat atau nitrogliserin (NTG).
 5. Nyeri dapat menjalar ke arah rahang dan leher.
 6. Nyeri sering disertai dengan sesak nafas, pucat, dingin, diaforesis berat, pening atau kepala terasa melayang dan mual muntah.
 7. Pasien dengan diabetes melitus tidak akan mengalami nyeri yang hebat karena neuropati yang menyertai diabetes dapat mengganggu neuroreseptor (mengumpulkan pengalaman nyeri).

      Arikel di atas sudah menjelaskan tentang Etiologi penyakit jantung nah bila anda mencari solusi terbaik untuk mengobatinya dengan obat sakit jantung yang alami. maka dari itu segera obati sebelum penyakit jantung bertambah parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Laman

Most Reading